Pengertian Space Dan Bandwidth WebHosting

Pengertian Space Dan Bandwidth WebHosting

Mungkin para netter bingung, pengertian bandwidth webhosting dan apa implikasinya jika bandwidth bulanan yang sudah ditetapkan habis terpakai.

Mungkin bagi pemula, wajar kalo bingung pengertian space dan bandwidth asing di telinga bahkan saya pernah menemui seorang IT perusahaan berdebat dengan saya mengenai space dan bandwidth, dan pertanyaan-pertanyaan hasil debat dengan saya,  muncul seperti ini:

1.Kalau Bandwitdth habis, hanya berakibat website jadi berat .

2. Kalau website kita mendapat bandwidth 200 mb aja, itu cukup besar.

Dan kesimpulan saya, kebanyakan IT, hanya mengetahui pengertian bandwidth seputar bandwidth provider internet / isp, dan kebanyakan seorang IT Perusahaan masih belum mengerti  pengertian space dan Bandwidth webhosting.

Sebenarnya arti space dan bandwidth secara singkat dan umum adalah batasan / kapasitas yang diberikan oleh pihak webhosting (penjual jasa hosting) kepada client mereka, dan tidak ada hubungannya dengan bandwidth internet dan hal itu yang sering saya temukan di lapangan bersama client saya.

Untuk lebih jelasnya berikut pengertian dari space dan bandwidth  khususnya untuk  webhosting yang bukan menjual paket unlimited:

  1. Space  adalah kapasitas maksimum yang di berikan untuk menyimpan sebuah file di web hosting. Jadi semakin besar space yang di berikan maka semakin banyak pula data yang bisa anda simpan, karena jika sebuah web hosting memberikan space yang kecil maka akan terbatas pula jumlah file yang bisa di upload, dan efeknya jika space anda melebihi quota yang telah ditentukan oleh pihak webhosting, hanya berpengaruh kepada hasil upload file anda dan email masuk / keluar pasti tidak berfungsi dengan baik.
  2. Bandwidth ialah limit maksimum data transfer atau data yang keluar dan masuk pada web blog yang di perbolehkan setiap bulannya. Jadi apabila quota bandwidth yang di berikan besar maka website semakin mudah di akses, jika website anda mempunyai pengunjung / visitor yang cukup lumayan banyak, maka efeknya akan menyedot bandwidth anda lebih banyak juga, namun bandwidth biasanya di kebanyakan webhosting akan direstart menjadi nol pemakaian lagi setiap awal bulan, dan efeknya jika bandwidth anda melebihi quota yang ditentukan, maka akibatnya website anda tidak dapat dibuka / overbandwidth.

Mudah-mudahan dengan artikel diatas, dapat membantu membuka pencerahan yang bingung mengenai bandwidth dan space webhosting yang sangat berbeda dengan pengertian dengan bandwidth internet dari ISP anda.

salam sukses,

support Livihost.com